IPDN/STPDN Watch
upaya mengingat kepentingan hajat hidup Masyarakat

– Muhana

HUKUM & KRIMINALITAS

STPDN
Polisi Usut Penganiayaan Terhadap Praja Muhana

Sumedang, 1 Oktober 2003 15:54
Kapolres Sumedang AKBP Drs Yoyok Subagiyono mengatakan, terkait dengan kasus penganiayaan terhadap praja STPDN Wahyu Hidayat (20) hingga korban meninggal dunia, saat ini pihaknya tengah mengusut kasus penganiayaan terhadap praja Muhana (19), rekan seangkatan Wahyu yang juga disiksa pada malam itu.

“Dari hasil pengusutan kasus Wahyu Hidayat ternyata ada sejumlah praja senior yang mengaku tidak memukul Wahyu Hidayat, tetapi mereka memukul praja Muhana asal Karawang pada acara pembinaan kumpul Kontingen Jabar tanggal 2 September lalu itu,” katanya, di Sumedang, Rabu.

Menurut dia, berbeda dengan nasib Wahyu Hidayat yang menemui ajalnya pada malam itu, praja Muhana meski mengalami pemukulan secara bertubi-tubi, hanya mengalami pingsan pada malam itu.

Setelah diperiksa lebih jauh, katanya, hingga saat ini sudah ada delapan orang praja STPDN tingkat III asal Jawa Barat yang dijadikan tersangka dalam kasus tersebut.

“Ketika ditanyakan alasan mereka menyiksa para juniornya, rata-rata jawabannya hampir sama karena seperti Wahyu Hidayat, praja Muhana juga tidak ikut dalam upacara 17 Agustus di lapangan Gasibu, tidak ikut serta dalam acara gelar seni, dan dinilai kurang menaruh hormat terhadap seniornya,” katanya.

Yoyok menilai, terungkapnya kasus-kasus penganiayaan seperti itu menunjukkan adanya tradisi kekerasan yang biasa dilakukan di kalangan praja STPDN.

“Untuk itu kami bertekad akan memutus kebiasaan buruk ini supaya tidak timbul korban di masa yang akan datang. Semua pelaku kekerasan akan kita usut untuk diajukan ke pengadilan supaya hukum bisa tegak dan jadi pelajaran bagi semua pihak,” katanya.

Seiring dengan terungkapnya kasus kematian Wahyu Hidayat, polisi Sumedang saat ini tengah memproses tiga kasus utama lainnya yaitu kasus penganiayaan terhadap praja Jurinata asal Kalsel yang menyebabkan gendang telinganya rusak, kasus penganiayaan terhadap praja Muhana, dan kasus kekerasan seperti yang ditayangkan di SCTV. [Tma, Ant]

http://www.gatra.com/2003-10-01/artikel.php?id=31443

 

 Informasi terkait

Saksi Kasus STPDN Bantah Keterangannya Sendiri

Tersangka Kasus STPDN Menjadi Penghuni Rutan

Persidangan Kekerasan di STPDN Diteruskan

Mereka Dituntut 10 Bulan Penjara

10 Jaksa Tangani Kasus STPDN


 

 

Belum Ada Tanggapan to “– Muhana”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: