IPDN/STPDN Watch
upaya mengingat kepentingan hajat hidup Masyarakat

Calo Diduga Warnai Seleksi IPDN

Palembang, Kompas – Massa yang tergabung dalam Aliansi Lembaga Swadaya Masyarakat dan Organisasi Masyarakat Bersatu Sumatera Selatan melakukan aksi unjuk rasa di Palembang, Selasa (15/8). Mereka mendesak seleksi penerimaan siswa Institut Pemerintahan Dalam Negeri atau IPDN asal Sumsel dibatalkan karena diduga sarat dengan percaloan.

Puluhan pengunjuk rasa mendatangi kantor DPRD dan dilanjutkan ke kantor Gubernur Sumsel. Mereka memprotes adanya oknum yang meminta uang ratusan juta rupiah untuk meloloskan calon agar diterima di IPDN. Massa mendesak agar sistem percaloan di IPDN diusut tuntas dan dihapuskan.

Kesuma Irawan, orangtua calon mahasiswa IPDN, menuturkan, ia dimintai uang Rp 200 juta oleh seorang oknum pejabat di Prabumulih. Calo menjanjikan putra Kesuma, Ircan Primakesuma, diterima di IPDN Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat.

Namun, Kesuma tidak menyerahkan uang yang diminta, dan putranya yang telah masuk seleksi tahap akhir gagal diterima di IPDN. Padahal, ia mendapat informasi dari ketua panitia penerimaan siswa IPDN dari Sumsel bahwa putranya menduduki peringkat dua besar di Prabumulih, dari beberapa tes yang diujikan.

“Kami meminta pemerintah dan DPRD mengusut tuntas indikasi korupsi, kolusi dan nepotisme dalam seleksi penerimaan siswa IPDN,” kata Islah Taufik Effendi, koordinator aksi.

Merebaknya isu percaloan penerimaan siswa tidak disangkal oleh Asisten III Bidang Administrasi Pembangunan Pemerintah Provinsi Sumsel, Eddy Junaidi. Menurut dia, penentuan nilai dan kelulusan seharusnya tidak diberitahukan kepada orangtua atau calon mahasiswa sebelum pengumuman resmi. (lkt)

http://www.kompas.com/kompas-cetak/0608/16/sumbagsel/2887902.htm

Belum Ada Tanggapan to “Calo Diduga Warnai Seleksi IPDN”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: